CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 25-06-2024 10:10:31

Dilihat : kali

Istilah-istilah Teknologi yang Perlu Anda Ketahui

Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, berbagai istilah baru sering muncul dan bisa membingungkan, terutama bagi mereka yang tidak bekerja di bidang teknologi. Mengetahui istilah-istilah dasar dalam teknologi bisa membantu Anda lebih memahami percakapan dan materi terkait teknologi. Berikut adalah glosarium istilah teknologi yang perlu Anda ketahui.

1. Artificial Intelligence (AI) / Kecerdasan Buatan

AI adalah bidang dalam ilmu komputer yang fokus pada pembuatan sistem yang dapat melakukan tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. Contohnya termasuk pengenalan suara, permainan catur, dan kendaraan otonom.

2. Machine Learning (ML) / Pembelajaran Mesin

ML adalah sub-bidang dari AI yang melibatkan pembuatan algoritma yang memungkinkan komputer untuk belajar dari dan membuat prediksi berdasarkan data. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi seperti rekomendasi produk, analisis kredit, dan pengenalan gambar.

3. Cloud Computing / Komputasi Awan

Cloud computing adalah penyampaian layanan komputasi seperti server, penyimpanan, basis data, jaringan, perangkat lunak, dan lainnya melalui internet ("cloud"). Contoh layanan cloud termasuk Amazon Web Services (AWS), Google Cloud Platform (GCP), dan Microsoft Azure.

4. Internet of Things (IoT) / Internet untuk Segala

IoT merujuk pada jaringan perangkat fisik yang terhubung ke internet dan dapat mengumpulkan serta berbagi data. Contohnya termasuk thermostat pintar, lampu yang dikendalikan melalui aplikasi, dan perangkat medis yang terhubung.

5. Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang mendasari mata uang kripto seperti Bitcoin. Ini adalah buku besar digital terdesentralisasi yang mencatat transaksi di banyak komputer dengan cara yang membuat catatan tidak bisa diubah atau dihapus.

6. Cybersecurity / Keamanan Siber

Cybersecurity adalah praktik melindungi sistem, jaringan, dan program dari serangan digital. Serangan ini biasanya bertujuan untuk mengakses, mengubah, atau merusak informasi sensitif, mengganggu operasi normal, atau memeras uang dari pengguna.

7. Big Data

Big Data merujuk pada kumpulan data yang sangat besar dan kompleks yang sulit diolah menggunakan aplikasi manajemen data tradisional. Data ini dapat dianalisis untuk mengungkap pola, tren, dan hubungan yang berhubungan dengan perilaku manusia dan interaksi.

8. Augmented Reality (AR) / Realitas Tertambah

AR adalah teknologi yang meng-overlay informasi digital—seperti gambar, video, atau suara—ke dunia nyata, dilihat melalui perangkat seperti smartphone atau kacamata khusus. Contohnya termasuk game Pokemon Go dan aplikasi Snapchat filters.

9. Virtual Reality (VR) / Realitas Virtual

VR adalah teknologi yang menciptakan lingkungan simulasi tiga dimensi yang dapat berinteraksi oleh pengguna dengan cara yang tampaknya nyata atau fisik. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi seperti permainan, pelatihan militer, dan perawatan medis.

10. DevOps

DevOps adalah kombinasi dari "development" dan "operations." Ini adalah praktik yang menggabungkan proses pengembangan perangkat lunak (development) dan operasi teknologi informasi (operations) untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam penyampaian layanan.

11. Quantum Computing / Komputasi Kuantum

Komputasi kuantum adalah area dalam komputasi yang menggunakan prinsip mekanika kuantum untuk melakukan operasi pada data. Ini menjanjikan kecepatan dan kekuatan pemrosesan yang jauh melebihi komputer klasik untuk beberapa jenis masalah tertentu.

12. 5G

5G adalah generasi kelima dari teknologi jaringan seluler, yang menawarkan kecepatan data yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan kapasitas jaringan yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya (4G). Ini memungkinkan aplikasi seperti kendaraan otonom dan smart cities.

13. API (Application Programming Interface)

API adalah sekumpulan definisi dan protokol yang memungkinkan perangkat lunak untuk berkomunikasi satu sama lain. API memungkinkan pengembang untuk menggunakan fungsionalitas aplikasi lain tanpa perlu menulis kode dari awal.

14. UI/UX (User Interface/User Experience)

UI merujuk pada desain antarmuka pengguna, yakni tata letak visual aplikasi atau situs web. UX, di sisi lain, merujuk pada pengalaman pengguna secara keseluruhan ketika menggunakan aplikasi atau situs web, termasuk kemudahan penggunaan dan kepuasan.

15. SaaS (Software as a Service)

SaaS adalah model distribusi perangkat lunak di mana aplikasi di-hosting oleh penyedia layanan dan tersedia bagi pelanggan melalui internet. Contoh SaaS termasuk Google Workspace, Microsoft Office 365, dan Salesforce.

Kesimpulan

Dengan memahami istilah-istilah dasar dalam teknologi ini, Anda dapat lebih mudah mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia teknologi dan berpartisipasi dalam diskusi terkait. Glosarium ini dapat menjadi referensi berguna saat Anda menjelajahi berbagai topik teknologi.

Distributor Baba Parfum Premium Anti Alkohol Murah Di ponorogo

Posting by Admin

Distributor Baba Parfum Premium Anti Alkohol Murah Di ponorogo Baba Parfum Premium Terbaik Dan Tahan Lama Baba Parfum dengan Kualitas Premium dari Bibit Paris Asli ditambah dengan 20% Fermentasi Tebu NON ALKOHOL. Kelebihan Baba Parfum : 1600 varian aroma Tidak membekas di pakaian Tidak mudah menguap Bau Wanginya Kuat Lama Aman Digunakan waktu ibadah Kualitas Pert



69 Kali